Pages

Pages - Menu

Senin, 18 Juli 2016

Pelatihan Kitab Kuning Untuk Madrasah Diniyah Takmiliyah ( Metode Al-Miftah )

Metode Al-Miftah Merupakan cara cepat membaca serta mempelajari kitab kuning. Metode Al-Miftah dikembangkan oleh Lembaga Pondok Pesantren Miftahul Ulum Sidogiri. Teknik mempelajari metode Al-Miftah ini dengan menggunakan lagu/ syair masakini, sehingga anak didik bisa menjadi mudah dalam menyerap aturan-aturan dalam membaca kitab kuning.
Pengembangan Metode Al-Miftah ini telah diberikan kepada Guru-Guru Madrasah Diniyah Takmiliyah melalui " Pelatihan Guru/ Ustadz Madrasah Diniyah Takmiliyah Dalam Mengakses Kitab Kuning" yang di adakan oleh Kementerian Agama RI yang bertempat di Wisma Ciawi Bogor Jawa Barat.
Sehingga Metode al-Miftah selain akan menyebar di seluruh Nusantara, rupanya juga telah berhasil membangkitkan gairah madrasah-madrasah Diniyah untuk menekuni kembali literatur kitab kuning. Upaya ini sesuai dengan target yang dicanangkan pengurus Pondok Pesantren Sidogiri terhadap lahirnya metode al-Miftah. Yakni mengembalikan citra madrasah-madrasah Diniyah yang mulai tergerus arus modernisasi dan globalisasi, lebih-lebih di bumi pertiwi ini.

1 komentar: